Rabu, 13 Februari 2013


Di usia 30 tahunan, wanita biasanya berkonsentrasi pada karir pekerjaan dan keluarganya. Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan berdampak pada kesehatan tulangnya. Berikut ini beberapa tips-tips yang dapat membantu wanita agar memiliki tubuh sehat dan tulang kuat.

Awasi dan kontrol dalam mengonsumsi garam dan kafein. Keduanya dapat mengurangi kadar kalsium bila dikonsumsi secara berlebihan. Batas asupan yang cukup adalah garam 1.300 mg sedangkan kafein 200 - 300 mg per harinya untuk menjaga dari pengeroposan tulang (osteoporosis). Hindari alkohol karena dapat meningkatkan risiko tulang pinggul dan jenis tulanglainnya mudah retak.



Konsumsi suplemen berkalsium tinggi. Wanita dewasa seharusnya mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1.000 mg kalsium per harinya. Berbeda lagi untuk wanita hamil dan menyusui, yang membutuhkan 1.200 mg kalsium per hari. Biasanya orang hanya memperoleh 300 mg per hari. Perbanyak mengonsumsi yogurt atau keju rendah lemak untuk meningkatkan jumlah asupan kalsium. Suplemen kalsium rata-rata mengandung 200 - 600 mg kalsium.

Pelajari riwayat keluarga. Apakah ada keluarga yang memiliki penyakit osteoporosis atau tulang retak? Lihat riwayat saudara perempuan, ibu, tante atau pun nenek. Jika ada yang memiliki penyakit osteoporosis atau tulang retak segera konsultasikan ke dokter mengenai ukuran (seperti tes kepadatan tulang lebih awal) yang kemungkinan perlu dijalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggal kan Coment anda